Senin, 02 April 2012

cara meningkatkan performa satria fu standar

Cara meningkatkan Perforfa satria FU 150 standar :

A. Menutup PAIR untuk mempercepat akselerasi si kuda besi tersebut.

Langkah-langkahnya :
  1. Sediakan sebuah obeng plus, lem Perkat (Lem Packing, Aica aibon, Fox, Castol atau sejenisnya) dan sebuah kunci ring 10.
  2. Bukalah PAIR Control Valve yang ada disebelah kanan atas mesin dengan cara mengendurkan dua buah mur dengan kunci ring 10.
  3. Setelah terbuka, di bawahnya akan terlihat sebuah kotak karet hitam (PAIR Reed Valve). Angkat dengan hati-hati, kalo susah bisa dibantu dengan obeng minus (-), sampai karet tersebut lepas dari head mesin.
  4. Setelah berhasil dilepas, amati bagian bawah dari kotak karet tersebut. Brow akan menemukan satu lembar plat membran tipis dan satu lembar plat besi penahan membran (lebih tebal dan berbentuk melengkung).
  5. Kendurkan dua buah sekrup kecil penahan kedua membran tersebut dengan obeng plus hingga terlepas.
  6. Jikalau sudah terlepas dari tempatnya, kira - kira akan terlihat seperti ini.
  7. Pasang semuanya kembali ke posisi semula, namun dengan posisi plat besi yang melengkung dibuat terbalik. Lalu kencangkan sekrup, Jikalau terlihat atau diperkirakan masih ada celah pada membran, tambahkan lem perekat.
  8. Sekarang terlihat bahwa posisi plat yang melengkung akan menekan membran tipis sehingga tidak akan lagi bekerja mengalirkan udara.
  9. Tunggu hingga lem kering dan Pasang kembali kotak karet tersebut pada tempatnya.
  10. Pasang kembali PAIR Control Valve, lalu kencangkan mur.
  11. Coba nyalakan mesin, biasanya RPM idle (langsam) akan lebih rendah dari sebelum PAIR ditutup, Atur ulang setingan angin pada karburator.
B. Ganti Pilot Jet

Satria FU 4-tak Standar dengan volume ruang bakar sebesar 150 cc ini disuplai karbu vakum Mikuni BS 26 dengan pilot-jet 12,5  dan Main jet 110. Dengan setelan air screw ½ putaran. Walah kalo di pikir pikir kecil sekale. Akibatnya  tarikan putaran bawah sering mrebet dan knalpot nembak-nembak saat gas dilepas. Untuk mensiasatinya beberapa Suhu FU menyarankan untuk mengganti Pilot jet Ukuran 15 atau 17,5.  Pilihannya ada buanyak, kok. Kitaco atau Daytona oke, orisinal apalagi. Buat pemakaian di kota yang relatif dingin , cukup pakai nomer 15 atau kepunyaan Yamaha Jupiter Standar. Kalau di tempat yang panas( Jakarta, Semarang, Surabaya dll) ideal pakai jadi 17,5 atau bawaan Suzuki Shogun lama. Setelah penggantian Pilot Jet jangan lupa untuk mengatur ulang setelan udara.

Gimana Sih cara Ganti Pilot Jet Sendiri.
Pertama Bongkar cover mesin bebek DOHC ini. Lanjut copot karet boks filter dengan membuka klem pengikat pakai obeng plus. Kemudian tarik dan lepaskan slang bensin, membran bensin dan pernapasan mesin.
Ambil lagi obeng plus untuk kendurkan klem karet intake dari bawah. Tarik karbu nggak perlu sampai lepas kabel choke dan gas. Langsung deh buka mangkuk karbu. Angkat pilot-jet lama dan pasang spuyer baru pakai obeng min(-)
Beres itu, bisa langsung pasang kembali.
Selanjutnya setel ulang air screw. Tujuannya biar suplai udara seimbang sama guyuran bensin. Jika Pilot Jet standar (12,5) cuma ½ putaran berlawanan jarum jam. Pakai pilot-jet 15 naik jadi ¾. Sementara 17,5 pas di 1 putaran.
C. Copot Filternya tapi jangan sama boxnya,karena apabila dicopot filter boxnya selain karbu mudah kotor angin yang dihirup oleh karbu pun terlalu besar ini akan berakibat akselerasi terlalu ringan,napas tarikan motor pun terlalu cepat sehingga hanya tarikan awal saja yang cepat tapi putaran atasnya ngeden.
 
D. Tekan tombol yang ada pada dekat indikator bensin,hingga menunjukkan PWRnya,tombol yang ada pada new satria fu ini memiliki 3 pilihan : eco, standar dan powertombol ini berhubungan dengan tingkat limit cdi.fungsi ini akan terasa sekali saat PAIR sudah ditutup.SILAHKAN MENCOBA,RASAKAN TARIKANNYA....

15 komentar:

  1. thanks gan infonya
    ane terapin di fu ane baru sebulan umurnya.

    BalasHapus
  2. klau pilot jetnya gak diubh bisa gk gan

    BalasHapus
  3. dan kalau boks filternya gk dicopot gimana bro

    BalasHapus
  4. @redfu

    mending diubah aja gan, biar performanya tambah jos, kalo masih pake boks filter mah sama aja bro masih ngempet

    BalasHapus
  5. Mantap gan artikelnya.. (y)

    Terima kasih gan...

    BalasHapus
  6. oke,,,, iya tu bensinnya kira2 borosnya semana bro???

    BalasHapus
  7. y7a pasti boros lah brooow , alternatif pakai karbu king, mesin oke gak panas tarikan langsung angkat. irit pula...

    BalasHapus
  8. pilotnya 15 main jet nya gan biar pasnya ukuran brp tuh.?

    BalasHapus
  9. Mending pake krbu pwk 28....

    tarikan jossss.....

    BalasHapus
  10. Yg ane udh terapin di fu ane
    *porting polish
    *coak piston 1mm
    *lepas packing tengah
    *ganjel per kopling
    *karbu pe 28(open filter ferrox)
    *cdi brt dual band
    *knalpot std bobok pipa pitsbike
    *bensin premium+norival platinum

    Test gigi 4 120kpj rpm 12.000, gigi 5 135kpj rpm 11.500, gigi 6 blm coba trek keburu abis

    BalasHapus
  11. klok ane mau plus ganti noken.nya g mna gan...
    makin top ato gk pngaruh...?

    BalasHapus
  12. Tetap msh okey standar...yg namanya modif itu tdk untk harian jd Klu dipakai trus-mnerus tenaga motor malah ilang. intinya lebih sulit membuat motor standar

    BalasHapus
  13. mtr sy fu cbu standar, cm buka filter tanpa lepas box, bodi smua komplit, gigi 5 bisa nyampe 137kpj, gigi 6 udh g brani liat spedo...mgkn kl 3 pilar diterapin bs mak wusss y bos, :D

    waktu itu ngegas gara2 dibleyer vixion lightning, akhirx dy malu dw g bs ngejar....

    BalasHapus
  14. Mantap artikelnya bisa dicoba nanti

    BalasHapus